Kali ini saya akan memposting mengenai salah satu PTK di Indonesia. Nantinya akan saya tambahkan PTK/PTN/PTS mana saja yang patut kalian tempati untuk menimba ilmu di perguruan tinggi.

STKS Bandung adalah lembaga pendidikan tertua yang meyelenggarakan pendidikan profesional pekerjaan sosial di Indonesia. Didirikan sebagai peningkatan Kursus Sosial Tingkat Tinggi (KKST) dan berjangka pendidikan 2 tahun, yang sebelumnya berbentuk Kursus Dinas Sosial A (KDSA) yang didirikan pada 1957 dan berjangka pendidikan setahun. Sampai 1970 STKS menyelenggarakan program pendidikan tingkat sarjana muda, yang ditingkatkan menjadi program sarjana (S1) pada 1971. Sejak 1985, juga menyelenggarakan program diploma III. Mulai Tahun Akademik 1989/1990, menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV. Pada 2000, membuka jurusan Rehabilitasi Sosial dan jurusan Pengembangan Masyarakat. Tahun 2001, STKS dikukuhkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan melalui Keputusan Presiden RI pada 18 Januari 2001. Program Studi Rehabilitasi Sosial Konsentrasi Rehabilitasi bertujuan mempersiapkan mahasiswa yang menguasai dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan praktik assesment, intervensi dalam melakukan rehabilitasi sosial bagi penyandang cacat, penyandang tuna cacat, penyandang anak nakal, korban narkotika, dan penyandang HIV/AIDS. Sedang Program Studi Pengembangan Sosial Masyarakat Konsentrasi Pengembangan Sosial Masyarakat bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan praktik assesment dan intervensi dalam melakukan pengembangan bagi masyarakat perkotaan, masyarakat pedesaan, kelompok masyarakat khusus, organisasi sosial/lembaga pelayanan kesejahteraan social, sistem sumber kesejahteran sosial. Selengkapnya dapat dilihat di sini

P R O F I L

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan di bawah Departemen Sosial RI yang menyelenggarakan pendidikan Pekerjaan Sosial. Tujuan diselenggarakan pendidikan di STKS Bandung adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam Ilmu dan Teknologi Pekerjaan Sosial. Program Diploma IV Pekerjaan Sosial STKS Bandung sudah meiliki akreditasu “A” sejak tahun 2005. Sejak berdiri pada tahun 1959 sampai dengan tahun 2007 STKS Bandung telah menghasilkan lulusan sebanyak 10.627 orang yang tersebar di instansi Pemerintah, swasta maupun Internasional seperti UNDP, UNHCR, UNICEF dll. Di STKS ini juga terdapat program Sp-1, spesialis 1 pekerjaan sosial setara dengan S-2, dan untuk S-3 nya sendiri para dosen STKS harus melancong ke negeri seberang yakni Makaysia karena di Indonesia belum ada.

K U R I K U L U M

Jumlah Satuan Kredit Semester atau SKS yang harus ditempuh adalah 145 SKS yang tersebar dalam 8 semester dan paling cepat dapat diselesaikan dalam waktu 3,5 tahun.

J U R U S A N

Untuk program Diploma IV STKS Bandung memiliki 2 konsentrasi Jurusan yang ditentukan ketika mengunjak semester 4, antara lain:

1.Rehabilitasi Sosial

Bertujuan meghasilkan Pekerja Sosial yang memiliki kompetensi Ilmu dan Teknologi Pekerjaan Sosial Klinis serta mahir dalam mengumplementasikan Program Pelayanan Sosial Klinis

2.Pengembangan Sosial Masyarakat

Bertujuan meghasilkan Pekerja Sosial yang memiliki kompetensi dalam bidang Pengorganisasian Masayarakat (Community Organization), Pengembangan Masyarakat (Community Develpment) dan Analisis Kebijakan Sosial (Social Policy Analysis)

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial
Hubungan Masyarakat (Humas)
Jl.Ir.H. Djuanda No.367 Bandung Jawa Barat Indonesia 40135
Telp: +62-22-2504838
Fax: +62-22-2502962
Email : humas@stks.ac.id
Website : http://www.stks.ac.id